Friday, October 10, 2008

Browsing "Sikap Pengusaha"

Saya ketikkan kata "sikap pengusaha" di google search, saya memilihi artikel ini untuk saya pajang. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Juga ucapan terima kasih kepada www.SiswoNugroho.com yang tulisannya sangat memotivasi.

Keberanian dan sikap optimis adalah bekal untuk menjadi pengusaha sukses luar biasa (Entrepreneur of The Year by Entreprise Asia)


Tahukah Anda siapa yang dinobatkan sebagai Entrepreneur of The Year tahun ini oleh Entreprise Asia untuk predikat pengusaha terbaik? Dia adalah Sandiaga S Uno, Ketua Dewan Pembina Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) yang baru berusia 39 tahun ini terpilih menjadi yang terbaik. Padahal baru 11 tahun dia jadi pengusaha.

Tapi meski dalam waktu yang relative singkat, dia berhasil menjadi pengusaha sukses. Tahun ini dia menjadi orang terkaya ke-63 di Indonesia dengan total asset sebesar 245 juta dollar AS.

Tapi ada yang menarik, sebelum dia menjadi pengusaha dia pernah jadi karyawan. Dimulai pada tahun 1991 ketika dia masih berusia 22 tahun dengan bekerja di Bank Summa. Kemudian karirnya melesat pesat ketika pada 1994 dia pindah bekerja di Kanada dengan menjadi manajer investasi di sebuah perusahaan. Setahun kemudian dia pindah kerja ke perusahaan lainnya dan menjabat Executive Vice President dengan gaji 8.000 dollar AS per bulan.Saat di puncak karier itulah, dia mengalami titik balik menjadi jatuh miskin.

Krisis moneter tahun 1997 membuat perusahaan tempatnya bekerja bangkrut. Semua tabungannya yang diinvestasikan di pasar modal ludes karena anjlokya bursa saham.

Akhirnya dia pulang ke Indonesia. Dia numpang di rumah orangtuanya karena tidak mampu membayar sewa rumah. Saat di posisi sulit itulah yang kemudian membuka pikirannya untuk menjadi pengusaha.

Saat itulah dia bersama rekannya mulai membuka perusahaan penasihat keuangan. Setahun kemudian ia kembali mendirikan perusahaan investasi. Berkat jerih payahnya kini dia sudah menjadi pengusaha yang sukses luar biasa yang menghidupi 10 ribu karyawan.

Apa yang bisa kita pelajari dari perjalanannya di dunia bisnis?

Yang pertama adalah keberaniannya untuk memulai usaha. Tekanan hidup yang membuatnya berada di posisi sulit tidak membuatnya menyerah. Sebaliknya, kesulitan hidup membuat matanya terbuka bahwa pilihan terbaik adalah dengan menjadi pengusaha. Menjadi karyawan gampang menjadi terpuruk saat berada pada iklim usaha yang buruk.

Kesulitan mendorongnya untuk menjadi pantang menyerah. Membuatnya menjadi pribadi yang ulet dan gigih seperti pohon bambu. Dia berani memperjuangkan nasib hidupnya dengan menjadi pengusaha. Dia berani bermimpi seperti dalam kata-kata belia dalam blog HIPMI

Every big success story begins with a small yet beautiful dream that feels real and motivating.

Pelajaran kedua adalah sikapnya yang tetap optimis dalam situasi sesulit apapun. Hantaman krisis moneter yang membuatnya jatuh miskin tidak kemudian membuatnya putus asa. Situasi yang tidak menguntungkannya tetap membuatnya percaya bahwa akan selalu ada harapan untuk sukses. Bekal sikap optimis itulah yang kemudian mengantarkannya dengan pencapaian seperti saat ini.

Intinya, siapapun kita saat ini, sesulit apapun kondisi kita, asal kita berani memperjuangkan hidup kita dan tetap berpikir optimis, kita PASTI BISA SUKSES!

Percayalah dan tanamkan pada diri Anda keyakinan ini dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Saya yakin Anda pasti akan BERHASIL.

2 comments:

hamung said...

wah oke nih...
salam kenal,mampir balik ya..

Tim-admin said...

bisnis ok


Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Supported by ArchiThings.Powered by Blogger

good stuff